Menurut Slameto minat merupakan rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas tanpa ada yang mempengaruhi. Minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Terbentuknya minat diawali oleh perasaan senang dan sikap positif. Terdapat tiga karakteristik minat yaitu:
1) Minat menimbulkan sikap positif dari suatu objek
2) Minat merupakan sesuatu yang menyenangkan dan timbul dari suatu objek
3) Minat mengandung unsur penghargaan, mengakibatkan suatu keinginan, dan kegairahan untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan
Jika seeorang yang mempunyai rasa senang terhadap wirausaha maka orang tersebut mempunyai minat berwirausaha. Minat berwirausaha adalah kecenderungan pada diri individu untuk merasa senang atau tertarik pada sesuatu dengan melihat kesempatan-kesempatan usaha untuk mengambil keuntungan darinya dengan mengambil tindakan yang tepat. Kecenderungan ini muncul karena adanya kepentingan, bakat, kemauan, dan lingkungan yang mendukung munculnya minat tersebut.
|
Wirausaha Mahasiswa |
Faktor-faktor yang mempengaruhi minat wirausaha mahasiswa
Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa yaitu:
1) Ekspektasi pendapatan
Ekspektasi atau harapan akan penghasilan yang lebih baik merupakan salah satu faktor seseorang memilih berwirausaha. Seseorang akan tertarik untuk menjadi wirausaha karena pendapatan yang diperolehnya jika sukses melebihi karyawan. Seseorang dengan harapan pendapatan yang lebih tinggi dari pada menjadi karyawan menjadi daya Tarik untuk menjadi wirausaha
2) Lingkungan keluarga
Minat berwirausaha akan terbentuk apabila keluarga memberikan pengaruh positif terhadap minat tersebut, karena sikap dan aktifitas sesama anggota keluarga saling mempengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung. Orang tua yang berwirausaha dalam bidang tertentu dapat menimbulkan minat anaknya untuk berwirausaha dalam bidang yang sama pula.
3) Pendidikan
Pendidikan terhadap minat berwirausaha, apabila seseorang mendapatkan pendidikan tentang kewirausahaan maka ia akan semakin memahami keuntungan dan tertarik menjadi seorang wirausaha. Oleh karena itu menurut Suherman pola pembelajaran yang bersifat kewirausahaan setidaknya mengandung lima unsur yaitu:
a) Pemikiran yang diisi oleh pengetahuan tentang nilai-nilai semangat, jiwa, sikap dan perilaku agar memiliki pemikiran kewirausahaan. Pengetahuan ini dapat berupa kecerdasan intelektual yang harus dimiliki seorang wirausaha
b) Perasaan yang diisi oleh penanaman empatisme social ekonomi agar dapat merasakan suka duka berwirausaha dan memperoleh pengalaman empiris dari para wirausahawan terdahulu atau kecerdasan emosional yang dimiliki
c) Keterampilan yang harus dimiliki untuk berwirausaha
d) Kesehatan fisik, mental dan sosial, berupa teknik antisipasi dan pengenalan akan risiko, masalah atau hal-hal yang berhubungan dengan wirausaha. Pengalaman langsung berupa pemagangan atau melakukan aktivitas didampingi mentor yang kemudian akan dijadikan role model
Menurut Abdul Rachman Abror, bahwa minat berwirausaha seseorang dapat diukur dari tiga unsur yaitu:
a) Kognisi yaitu pengetahuan kewirausahaan
b) Emosi yang meliputi perasaan senang, ketertarikan dan perhatian terhadap minat berwirausaha
c) Konasi yang meliputi keinginan dan usaha
Sedangkan menurut Super & Crites yang dikutip oleh Fitrah Akbar, bahwa minat berwirausaha seseorang dapat diketahui dan diukur dari dua hal yaitu:
1) Pengungkapan (ucapan)
Seseorang yang mempunyai minat menjadi wirausahawan akan diekspresikan dengan ucapan atau pengungkapan. Seseorang dapat mengungkapkan minat atau pilihannya dengan kata-kata tertentu
2) Perbuatan (tindakan)
Seseorang akan mengekspresikan minatnya melalui tindakan atau perbuatan berkaitan dengan hal-hal berhubungan dengan minatnya. Seseorang yang memiliki minat menjadi wirausahawan akan melakukan tindakan-tindakan yang mendukung usahanya tersebut
Sumber Referensi:
1. Syaiful Bahri Dzamarah, Psikologi Belajar (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002), 157.
2. Mila Saraswati dan Ida Widaningsih, Be Smart Ilmu Pengetahuan Sosial (Geografi, Sejarah, Sosiologi,Ekonomi) (Bandung: Grafindo Media Pratama, 2008), 146.
3. Paulus Patria Adhitama, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Undip, Semarang) (Skripsi--Universitas Diponegoro Semarang, 2014), 21.
4. Muchammad Arif Mustofa, Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy Dan Karakter
Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswi Kelas XI Smk Negeri 1 Depok (Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta,2014), 12.