Berikut ini beberapa Kelebihan dan Kekurangan Metode Demonstrasi
a. Kelebihan Metode Demonstrasi
Menurut Hasibun beberapa kelebihan dari penggunaan metode demonstrasi antara lain adalah :
1) Dapat membuat pengajaran menjadi lebih jelas dan kongkret, sehingga menghindari verbalisme (pemahaman secara kata-kata atau kalimat).
2) Dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar.
3) Siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari dengan tepat dan jelas.
4) Dapat menambah pengalaman anak didik.
5) Proses pengajaran lebih menarik.
6) Dapat mengurangi kesalahpahamankarena pengajaran bersifat kongkrit.
7) Siswa dirancang untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dengan kenyataan dan mencobamelakukannya sendiri.
Menurut Muhibbin Syah
1) Menghemat waktu dalam memberikanpenjelasan pada siswa.
2) Memperoleh hasil belajar yang lebih mantap dan permanen.
b. Kekurangan Metode Demonstrasi
Disamping kelebihan-kelebihan yang dimiliki metode demonstrasi juga terdapat beberapakekurangan di dalamnya, antara lain:
1) Metode ini memerlukan ketrampilan guru secara khusus, karena tanpa ditunjang dengan hal itu, pelaksanaan demonstrasi akan tidak efektif.
2) Bila siswa tidak aktif maka metode ini menjadi tidak efektif. Oleh karena itu setiap siswa harus di ikut sertakan dan melarang mereka membuat kegaduhan.
3) Memerlukan kesiapan dan perencanaan yang matang disamping juga memerlukan waktu yang cukup panjang yang mungkin terpaksa mengambil waktu atau jam pelajaran lain.
4) Tidak dapat diikuti/dilakukan dengan baik oleh siswa yang memiliki cacat tubuh atau kelainan fisik tertentu.
Metode demonstrasi dapat digunakan dengan syarat-syarat sebagai berikut :
1) Manakala kegiatan bersifat formal, magang atau latihan kerja.
2) Materi pelajaran berbentuk ketrampilan gerak.
3) Manakala guru/demonstrator bermaksud menyederhanakan penyelesaian kegiatan yang panjang, baik yang menyangkut pelaksanaan suatu prosedur maupun dasar teorinya.
4) Menumbuhkan motivasi siswa tentang latihan/praktek yang dilaksanakan.
5) Bila beberapa masalah yang menimbulkan pertanyaan pada siswa dapat dijawab lebih teliti waktu proses demonstrasi atau eksperimen.
Bisa dirumuskan batas-batas kemungkinan digunakannya metode demonstrasi yaitu:
1) Demonstrasi akan merupakan metode yang tidak wajar bila alat atau benda yang di demonstrasikan tidak dapat diamati dengan jelas oleh siswa misalnya alat itu terlalu kecil atau penjelasannya tidak terang.
2) Demonstrasi tidak efektif bila tidak diikuti kegiatan yang memungkinkan siswa ikut mencoba. Yang merupakan pengalaman yang berharga bagi siswa.
3) Kadang-kadang suatu demonstrasi menjadi kurang bermakna bila tidak dilakukan di tempat yang sebenarnya.
4) Tidak semua hal dapat di demonstrasikan.
ADS HERE !!!